Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Mochi Khas Sukabumi Yang Enak, Sederhana Tapi Menarik

Cara Membuat Mochi Khas Sukabumi Yang Enak, Sederhana Tapi Menarik 

Kue Mochi Jepang adalah resep kue tradisional yang sangat unik dari masyarakat negara matahari terbit. Tak perlu berkeliling, pergilah ke dapur dengan cachnau untuk membuat resep mochi ini di rumah!

Cara membuat mochi yang enak

Bahan Pembuatan Mochi Isi Kacang Merah (Untuk 4 Orang)

  • Tepung ketan untuk baking 100 gr
  • Kacang merah 150 gr
  • 150 ml air hasil saringan
  • Gula pasir putih 20 gr
  • Bubuk energi 20 gr
  • Santan 300 ml
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Vanilla 1/2 sendok teh

Kue mochi memiliki banyak rasa berbeda yang dipadukan dengan berbagai jenis kue seperti: teh hijau, labu, coklat, kacang merah. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara membuat mochi kacang merah.

Cara menyiapkan mochi isi pasta kacang merah

Langkah 1: Buat kue

Masukkan kacang merah ke dalam bak yang dibasahi air selama 1 hingga 2 jam agar kacang merah lunak.

Setelah itu cuci bersih, tiriskan, lalu masukkan buncis ke dalam panci, tambahkan santan dan masak buncis hingga matang. Saat kacang sudah matang, matikan api agar kacang merah dingin.

Setelah kacang dingin, gunakan sendok untuk menghancurkan kacang merah atau dalam blender untuk menghaluskan kacang. Dalam proses menghancurkan kacang merah, tambahkan vanili, gula, dan sedikit garam.

Kami melanjutkan untuk membuat kue, Anda menggunakan 1 sendok untuk mendapatkan 1 jumlah bubur kacang untuk dibulatkan dan kemudian sisihkan.

Langkah 2: Menguleni kulit kue

Masukkan tepung ketan dan tepung terigu ke dalam mangkuk besar dan uleni dengan air dingin hingga adonan kalis. Perhatikan saat menguleni adonan secara merata agar adonan tidak menggumpal.

Langkah 3: Kukus adonan

Masukkan adonan dan kukus kurang lebih 20 menit, dengan api sedang hingga adonan matang merata. Setelah adonan dikukus pertama kali selesai, Anda angkat mangkok tepung, aduk rata dengan 1-1,5 mangkok gula pasir secara merata agar kerak memiliki ciri rasa manis, lalu tambahkan adonan untuk dikukus lagi kurang lebih selama 20 menit. Adonan yang matang dikeluarkan untuk didinginkan.

Langkah 4: Bentuk kue

Ambil tepung masak secukupnya untuk membuat bulatan, lalu tekan rata lalu taruh di tengah dan balut untuk menutupi isinya. Selanjutnya, masukkan kue ke dalam kompartemen lemari es selama kurang lebih 2 jam agar kue mengeras dan menikmatinya.

Langkah 5: Produk jadi

  1. Kue mochi dengan kulit yang keras, kenyal, dan aroma santan yang lembut. Saat Anda menggigit sepotong kue kerak dengan kacang merah, Anda akan tergila-gila saat itu juga!
  2. Tips berhasil dilakukan
  3. Bahan terbaik untuk membuat kerak terbaik adalah Tepung Beras Manis Mochiko (tepung khas untuk membuat mochi). Jika Anda tidak bisa menemukan bubuk ini, Anda bisa menggantinya dengan tepung ketan.
  4. Selain adonan kerak, siapkan juga sedikit tepung maizena atau pati untuk melapisi bagian luar setelah selesai kue agar tidak lengket. Untuk bedak ini Anda hanya perlu menyiapkan sedikit, sekitar setengah cangkir.
  5. Syarat adonan adalah bentuk yang halus, empuk, padat, tidak tipis, pucat atau padat, menggumpal, adonan jangan terlalu kering atau terlalu basah karena tidak akan terasa dan mudah melunak.
  6. Sebelum merendam kacang merah, sebaiknya pilih kacang yang terlalu kecil atau dalam, baru kita keluarkan. Selain itu, saat kacang dimasukkan ke dalam air rendam, aduk kacang merah secara merata, maka kacang yang mengapung di permukaan air tersebut anda keluarkan dan buang.

Artikel ini adalah resep paling populer untuk membuat mochi kacang merah yang enak. Semoga Anda sukses membuat mochi !

Post a Comment for "Cara Membuat Mochi Khas Sukabumi Yang Enak, Sederhana Tapi Menarik"